Random Posts

randomposts

Jumat, 19 April 2013

PENGERTIAN DOMAIN


Domain adalah sebuah nama yang unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi alamat IP. Dengan menggunakan Domain seseorang tidak perlu menghafal serangkaian IP Address sehingga memudahkan dalam menghafal maupun pengucapan. Domain disewakan secara bebas dengan status sewa umumnya selama satu tahun. Umumnya nama domain memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan keperluannya. 


Macam-macam domain
Ada dua macam domain utama yang biasa dikenal di jaringan internet yaitu Top Level Domain(Domain Tingkat Atas) disingkat TLD dan Country-Specific Top Level Domain (Domain Dengan Ekstensi Kode Negara) disingkat ccTLDs. Top Level Domain merupakan domain tingkat atas dan bersifat umum penggunaannya, penggunaan TLD jika hendak sebagai nama domain untuk sebuah website atau situs tidak memerlukan izin khusus. Tersedia beberapa TLD yang sering dipakai seperti : .com, .net, .org, .us, .info, dan .biz. Sedangkan Country-Specific Top Level Domain atau ccTLDs bisa digunakan jika anda sudah memiliki izin penggunaannya. DI Indonesia ccTLDs ditandai dengan ekstensi .id, berikut ini adalah beberapa domain Indonesia beserta jenis surat izin yang harus disertakan saat registrasi
.co.id
Co/com memiliki makna komersial, sedangkan “id” menunjukkan domain untuk negara Indonesia. Domain .co.id biasanya digunakan oleh perusahaan swasta yang memiliki badan hukum yang legal, persyaratan untuk registrasi domain .co.id berupa KTP, NPWP, SIUP, dan surat pendaftaran merk atau hak paten jika digunakan untuk menjual produk yang diproduksi sendiri.
.go.id
Go artinya government atau pemerintahan. Domain .go.id digunakan oleh instansi pemerintahan atau institusi milik pemerintah resmi persyaratan yang dibutuhkan untuk registrasi domain .go.id adalah SK dari kepala instansi atau pejabat setara eselon 2, struktur organisasi dari isntansi tersebut dan nama instansi harus dijadikan sebagai nama domainnya contoh kemdiknas.go.id merupakan domain milik kementrian pendidikan nasional
.ac.id
Ac => academic, domain .ac.id biasanya digunakan untuk lembaga pendidikan atau kursus dengan jenjang minimal setara diploma 1, contoh ui.ac.id merupakan domain Universitas Indonesia. Untuk domain ac.id dibutuhkan surat izin berupa SK pendirian lembaga dari Kementrian Pendidikan Nasional, SK Rektor, surat kuasa dari rektor dan KTP penanggung jawab domain.
.net.id
Domain .net.id dipergunakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi yang legal atau memiliki izin, untuk proses registrasi diperlukan salinan izin penyelenggaraan jasa telekomunikasi dari pemerintah dan KTP penanggung jawab domain
.or.id
Or => organization, domain .or.id digunakan untuk organisasi atau komunitas resmi yang memiliki izin. Dibutuhkan surat izin organisasi dn KTP penanggun jawab domain saat proses registrasi
.sch.id
Domain .sch.id digunakan oleh lembaga pendidikan setingkat SD-SMA. Sch => school, penggunaan domain .sch.id memerlukan surat pengajuan resmi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan KTP penanggung jawab domain
.web.id
Domain .web.id dipergunakan untuk pemilik website atau blog pribadi, tidak diperlukan surat izin apa-apa dalam penggunaannya harga sewanyapun relatif murah yaitu 25-30 ribu setahun. Hanya dibutuhkan KTP dari pemilik website atau blog tersebut.
Domain-domain yang saya sebutkan di atas adalah domain indonesia. Mungkin Anda pernah mendapatkan e-mail dengan kode domain yang bukan “id”. Domain “id” hanya digunakan untuk negara Indonesia saja.

Penyedia Domain Indonesia

DUTASPACE.COM adalah Penyedia Domain Indonesia dengan harga murah namun kualitas selalu terjaga. Lembaga ini akan membantu Anda melakukan registrasi domain indonesia, meliputi domain .co.id, .or.id, .sch.id, .go.id, dll.
Selain sebagai penyedia domain indonesia, mereka juga menyediakan layanan web hosting indonesia dengan kualitas layanan terbaik. Web hosting Indonesia yang mereka tawarkan dilengkapi dengan cPanel versi terbaru serta fasilitas auto installer website, seperti Fantastico de luxe atau softaculous. Layanan shared hosting indonesia kami juga dilengkapi fitur-fitur hosting lainnya.
Dapatkan domain dengan harga paling murah di Indonesia. Domain 100% murni milik pelanggan, dilengkapi dengan domain manager lengkap untuk mengelola secara menyeluruh domain anda.

Tabel Domain Indonesia

Domain .ID
Harga
Persyaratan (pendaftaran baru saja)
.AC.ID
Rp 150.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         SK Depdiknas Pendirian Lembaga
·         Akta Notaris Pendirian/SK Rektor (Pimpinan Lembaga)
·         Surat Kuasa Pimpinan Lembaga mengenai pendaftaran nama domain .ID
.CO.ID
Rp 150.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         SIUP/TDP atau Akta Notaris (cover, hal 1 dan NPWP)
·         Kepemilikan Merk (bila ada)
.NET.ID
Rp 150.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         SIUP/TDP** atau Akta Notaris (cover, hal 1 dan NPWP)
·         Kepemilikan Merk (bila ada)
·         ** Surat Izin Usaha Telekomunikasi (ISP, Telco, Seluler, VSAT, dsb)
.WEB.ID
Rp 75.000
·         KTP Penanggung Jawab
.SCH.ID
Rp 100.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         Surat Permohonan Kepala Sekolah
·         Surat Kuasa
.OR.ID
Rp 100.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         Akta Notaris atau SK Intern Organisasi
.MIL.ID
Rp 150.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         Surat permohonan minimal dari pimpinan instansi militer yang mengajukan
·         Surat kuasa
.GO.ID
Rp 150.000
·         KTP Penanggung Jawab
·         Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekut/Sekmen untuk Pemerintah Pusat atau Sekda untuk Pemda (sesuai Permen No. 28/PER/M.KOMINFO/9/2006)
·         Surat kuasa
Catatan:
·         Nama Domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk)
·         Untuk .co.id dan .net.id, jika persyaratan SIUP/TDP, Akte, NPWP dan lain sebagainya sedang dalam proses pembuatan, perlu dilampirkan Surat Keterangan/Pernyataan dari Notaris.
·         Nama domain harus sesuai dengan kriteria penamaan
·         Masa berlaku domain adalah 1 (satu) tahun sejak tanggal persetujuan penggunaan nama domain tersebut.

Demekian posting sekilas tentang domain, semoga bermanfaat.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Socialize

Random posts

3/randomposts

BTemplates.com

3/recentposts
Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Followers

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Blog Archive

Breaking

Facebook

[recent]